Diposkan
oleh: Rini Fita S.
Mata
Kuliah: Kesekretariatan
Etika Bertelepon dan Menerima Telepon
Dalam
bertelepon ada etika yang harus kita perhatikan, namun dimasa sekarang sudah
banyak orang yang kurang memperhatikannya. Dalam lingkup kantor etika
bertelepon sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa etika dalam
bertelepon yang harus kita ketahui dan perhatikan, karena melalui etika yang
baik sama halnya kita memiliki tata krama, sopan santun kepada orang lain.
Hal
yang pertama harus kita perhatikan adalah pegang gagang
telepon dengan baik, jangan terlalu dekat ataupun terlalu jauh dengan mulut.
Gunakan tangan kiri untuk memegang telepon dan tangan kanan untuk mencatat
pesan. Siapkan kertas atau formulir untuk mencatat pesan. Sebelum bertelepon
kita perlu mempersiapkan nomor yang akan dituju dan pokok-pokok pembicaraan
yang akan kita bicarakan. Duduk dalam posisi yang baik , nyaman dan sopan meskipun
hal ini tidak terlihat oleh orang yang kita telepon tapi ini adalah bentuk tata
krama. Dan berikut ini adalah etika bertelepon :
1.Ucapkan salam seperti “selamat pagi”
”selamat siang” dan jangan katakan “hallo” karena kata ini dianggap kurang sopan.
2.Menyebutkan identitas
perusahaan atau diri atau bisa juga jabatan dan jika kita mencari seseorang
maka perlu kita menyebutkan identitas yang kita telepon untuk memastikan penerima
telepon benar yang kita tuju.
3.Gunakan “Smiling
Voice” selama pembicaraan berlangsung, bahkan sejak pertama mengucapakan salam
karena hal ini menunjukan keramahan kita sehingga orang yang kita telepon akan
merasa nyaman.
4.Jangan memotong
pembicaraan dan catat pesan dikertas atau formulir yang telah disiapkan.
5. Akhiri pembicaraan
dengan salam.
Etika
Menerima Telepon:
Kertas
dan pena sebaiknya sudah tersedia di dekat pesawat telepon, hal ini akan
mempermudah penerima telepon untuk mencatat pesan saat ada telepon masuk. Saat
menggangkat ganggang telepon harus hati-hati , jangan sampai jatuh dan pegang telepon dengan tangan kiri agar tangan
kanan bisa dipakai untuk menulis.
Saat
ada telepon masuk yang paling penting , Jangan membiarkan telepon berdering
lebih dari tiga kali. bahwa jarak yang ideal antara bibir dan gagang telepon
adalah sekitar 5 cm untuk menghindari suara yang kurang jelas.
Dalam Menjawab Telepon ada banyak hal yang perlu kita perhatikan :
1. Ucapkanlah salam dan jangan katakan “hallo” karena kata “hallo “ dianggap tidak sopan.
2. Menyebutkan
nama perusahaan jika kita berada di suatu perusahaan. Hal itu akan memudahkan
penelepon mengidentifikasi bahwa nomor yang mereka hubungi adalah benar.
3. Konsentrasi
saat berbicara maupun mendengarkan penelpon karena jika melamun bisa terjadi
kesalahpahaman pesan atau pengertian.
4.
Menjawab semua
pertanyaan penelepon dengan sopan dan sabar serta menghindari
kata-kata yang bisa meyinggungi perasaan penelpon
karena ini merupakan bagian dari layanan yang harus diberikan kepada penelepon.
5.
Nada bicara tidak
monoton, malas dan kasar.
6.
Untuk memberikan kesan
lebih berkualitas di mata kastemer, sebuah perusahaan bisa menambahkan Ucapan
terima kasih karena menghubungi perusahaan tersebut.
7. Saat
menerima pesan hendaknya memerhatikan kejelasan dalam setiap pesan tersebut.
Jika pesan itu kurang jelas atau kita belum paham maka ada hal yang perlu
diperhatikan dengan menggulang kembali pesan tersebut , teknik menggeja untuk
membedakan bunyi dari kata-kata yang biasanya menggunakan bahasa asing.
8. Sebagai
penerima telepon , jangan pernah menutup telepon terlebih dahulu karena hal ini
tentu tidak sopan, biarkan penelpon yang
munutup dan mengakhiri telepon dengan begitu penelepon akan meraksan suatu
kesan yang baik jika penerima telepon konsisten dengan kesopanan bertelepon
sampai akhir percakapan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar